Bagaimana perilaku konsumen terhadap perkembangan teknologi?
Perilaku konsumen terhadap perkembangan teknologi
Teknologi informasi merupakan teknologi masa kini yang dapat menyatukan atau menggabungkan berbagai informasi, data dan sumber untuk dimanfaatkan sebagai ilmu bagi kegunaan seluruh umat manusia melalui penggunaan berbagai media dan peralatan telekomunikasi modern. Dengan menggunakan berbagai media, peralatan telekomunikasi dan computer canggih, Teknologi Informasi akan terus berkembang dan mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan dan peradaban umat manusiadi seluruh dunia.
Keunggulan dan kecanggihan teknologi informasi ini secara langsung
mampu menggeser bahkan merubah sistem pola hidup manusia. Dalam
perkembangannya teknologi informasi mampu memicu gejala-gejala sosial
yang dapat dikatakan baru. Gejala tersebut antara lain, jarak dan waktu
bukan lagi kendala yang utama, munculnya sistem pembelian dengan cara
on-line, dan gejala yang sering terjadi adalah perubahan dalam bidang
hukum, perundangan dan nilai-nilai budaya.
Era Informasi yang ditandai dengan kemajuan teknologi berkembang
dengan cepat, juga arus informasi berjalan dan menyebar dengan kecepatan
tinggi seolah-olah tanpa batas. Setiap informasi penting dari negara
manapun akan dapat tersebar dan diketahui oleh penduduk di seluruh dunia
yang sudah dapat mengakses informasi. Segala macam informasi akan
berlalu lalang dihadapan manusia. Menghadapi hal semacam ini setiap
orang harus dapat menentukan sikap dan mengambil keputusan agar dapat
memilih informasi yang tepat bagi dirinya.
Pada dasarnya informasi yang ada baik atau buruk, benar atau salah
pada hakekatnya bersifat netral. Artinya akibat dan efek informasi bagi
seseorang atau masyarakat tergantung pada kepandaian dan kepiawaian
seseorang atau masyarakat untuk menggunakan informasi tersebut. Pada
saat ini sumber informasi sangat banyak, beragam dan tersebar
dimana-mana. Sangat sulit untuk membatasi atau membentengi suatu
informasi untuk tidak samapai kepada suatu masyarakat tertentu. Langkah
yang terbaik bukannya menghalangi kehadiran informasi karena hal itu
tidak mungkin, yang tepat adalah menyiapkan masyarakat untuk bisa
menangani, menerima, menilai, memutuskan dan memilih informasi yang
tersedia. Penyiapan kondisi psikologis bagi masyarakat untuk menerima,
menilai, memutuskan dan memilih informasi bagi diri mereka sendiri akan
lebih efektif dan mendewasakan masyarakat untuk bisa mengelola informasi
dengan baik. Dengan kemajuan teknologi informasi seseorang atau
masyarakat akan mendapat kemudahan akses untuk menggunakan dan
memperoleh informasi.
Referensi :
http://blog.unila.ac.id/faridh/category/pengaruh-it-terhadap-perilaku-konsumen/
No comments:
Post a Comment