Nama : Natalia Christina
Npm : 14210920
Kelas : 3EA18
Karangan Ilmiah
1. Tema
Kepuasan Konsumen
2. Judul
Analisa kepuasan konsumen terhadap pelayanan Telkomsel
3. Latar Belakang
Fungsi, kualitas dan benefits dari suatu produk merupakan fokus perhatian konsumen.
Kebutuhan konsumen yang terus meningkat dan didasari oleh tingkat kekritisan yang
semakin tinggi, cenderung menuntut pelayanan secara pribadi dan ikut dilibatkan dalam
pengembangan suatu produk. Hal inilah yang menjadi dasar pemikiran untuk tetap
memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan konsumen dalam segala perubahan
sehingga tidak akan berpaling ke produk substitusi.
Kebutuhan konsumen yang terus meningkat dan didasari oleh tingkat kekritisan yang
semakin tinggi, cenderung menuntut pelayanan secara pribadi dan ikut dilibatkan dalam
pengembangan suatu produk. Hal inilah yang menjadi dasar pemikiran untuk tetap
memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan konsumen dalam segala perubahan
sehingga tidak akan berpaling ke produk substitusi.
Era telepon selular, khususnya Global System for Mobile communications (GSM),
memang baru marak dalam beberapa tahun belakangan ini. Dari segi teknologi dan merek
serta jenis, ponsel yang beredar di Indonesia sama sekali tidak ketinggalan dari negara
lain. Performance sebuah ponsel sangat tergantung pada kecepatan mengatasi masalah
after sales service yang sangat diharapkan oleh pelanggan.
Salah satu indikator yang cukup handal untuk kelangsungan hidup dan kemampulabaan
dari suatu proses bisnis adalah kepuasan yang berkelanjutan. Peningkatan
kelangsungan hubungan dengan pelanggan lama dan terus mengakuisisi pelanggan baru
dengan konsep kepuasan pelanggan, akan mempunyai pengaruh yang lebih besar
terhadap bagian pasar (market share).
memang baru marak dalam beberapa tahun belakangan ini. Dari segi teknologi dan merek
serta jenis, ponsel yang beredar di Indonesia sama sekali tidak ketinggalan dari negara
lain. Performance sebuah ponsel sangat tergantung pada kecepatan mengatasi masalah
after sales service yang sangat diharapkan oleh pelanggan.
Salah satu indikator yang cukup handal untuk kelangsungan hidup dan kemampulabaan
dari suatu proses bisnis adalah kepuasan yang berkelanjutan. Peningkatan
kelangsungan hubungan dengan pelanggan lama dan terus mengakuisisi pelanggan baru
dengan konsep kepuasan pelanggan, akan mempunyai pengaruh yang lebih besar
terhadap bagian pasar (market share).
Terdapat banyak operator selular di Indonesia, namun hanya beberapa yang
menyediakan berbagai fasilitas untuk kemudahan pelanggannya. Dari beberapa operator
tersebut Telkomsel dengan kartu HALO-nya adalah operator yang menyediakan feature
yang paling banyak, disamping memiliki keunggulan dalam hal cakupan wilayah.
menyediakan berbagai fasilitas untuk kemudahan pelanggannya. Dari beberapa operator
tersebut Telkomsel dengan kartu HALO-nya adalah operator yang menyediakan feature
yang paling banyak, disamping memiliki keunggulan dalam hal cakupan wilayah.
4. Rumusan Masalah
Bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan Telkomsel
5. Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui apakah konsumen puas atau tidak dengan pelayanan Telkomsel
6. Manfaat
Manfaat Akademis
Dapat memberikan
pengetahuan kepada dosen, mahasiswa dan rekan-rekan yang lainnya mengenai tingkat
kepuasan konsumen atau pelanggan Telkomsel
Manfaat Praktis
Dari kuesioner yang
disebarkan dan diisi oleh para responden diharapkan dapat memberikan manfaat
praktis bagi objek yang diteliti yaitu Tingkat Kepuasan konsumen, agar dapat
memenuhi tingkat kepuasan pelanggan sehingga dapat meningkatkan kualitas
pelayanan.
7. Sampel
Sampel dalam penelitian ini sebanyak 113 orang yang merupakan 10% dari populasi(pelanggan Telkomsel Malang Area) pada bulan Juli 1998. Populasi dari penelitian ini
bersifat infinite, karena jumlah pelanggan tersebut bervariasi setiap saat. Sampel yang
digunakan ini dianggap telah mewakili dari seluruh populasi yang ada. Sampel dipilih
secara acak sederhana (simple random sampling), hal ini dianggap telah representatif.
8.Analisis Data
Data penelitian meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari
obyek penelitian dengan menggunakan daftar pertanyaan (kuesioner), yang meliputi
keinginan, kebutuhan dan harapan konsumen yang berkenaan dengan fasilitas fisik,
keandalan atau kemampuan perusahaan dalam memuaskan pelanggan, ketepatan dan
kecermatan dalam pelayanan, jaminan dan kemudahan dalam melakukan hubungan,
komunikasi, perhatian dan kenyamanan yang diberikan perusahaan pada konsumen. Data
sekunder diperoleh dari studi pustaka, buku-buku literatur, majalah serta laporan
penelitian yang berkaitan dengan permasalahan dalam penelitian ini.
9. Kesimpulan
Jadi dari pembahasan dan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa kepuasan konsumen terhadap pelayanan jasa telekomunikasi Telkomsel cukup baik.
sumber :
Herawaty, H. 1997, Mei. Kampanye Features Telkomsel. Halo-halo. Hlm. 16.
Hutabarat, Jemsly. 1997, Mei. Visi Kualitas Jasa "Membahagikan Pelanggan" : Kunci
Sukses Bisnis Jasa. Usahawan. Hlm. 14.
Hutabarat, Jemsly. 1997, Mei. Visi Kualitas Jasa "Membahagikan Pelanggan" : Kunci
Sukses Bisnis Jasa. Usahawan. Hlm. 14.
No comments:
Post a Comment